Tips

10 Tips Agar Koper Kamu Aman Selama di Bandara

Saat melakukan perjalanan jauh terkadang ada saja kejadian tidak menyenangkan yang terjadi, salah satu contohnya koper hilang di bandara.

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi koper di bandara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Saat melakukan perjalanan jauh terkadang ada saja kejadian tidak menyenangkan yang terjadi, salah satu contohnya koper hilang di bandara. Terkadang aktifitas jadi terganggu karena hal ini.

Agar koper kalian aman selama di bandara, berikut ini 10 tips yang bisa dicoba:

1. Pilih koper warna cerah

Ada kalanya koper kita seakan-akan hilang diantara tumpukan koper yang lain karena mungkin bercampur atau terlihat sama dengan koper lainnya sehingga membuat kita mengira jika koper kita hilang.

Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan koper dengan warna-warna yang gelap seperti hitam, coklat tua, atau navy, jadi berusahalah untuk menghindari warna-warna mainstream ini.

Jangan malu dikatakan norak karena dengan menggunakan koper berwarna cerah akan membuat kalian lebih mudah dalam menemukan koper kalian saat di keramaian bandara tujuan dan memperkecil kemungkinan koper anda tertukar.

2. Pastikan petugas menempelkan tiket

Biasanya petugas menempelkan tiket yang bertuliskan tentang tujuan penerbangan kalian, dan kalian harus memastikan jika tujuan yang dituliskan benar. Meskipun sekilas terlihat ribet tetapi hal ini bisa membantu kalian memastikan jika koper kamu berada di tempat yang tepat.

3. Tandai koper

Jika kalian terlalu gengsi menggunakan koper berwarna terang, kalian bisa menghiasi koper dengan aksesoris yang mencolok, seperti sticker, gantungan kunci, ikat dengan tali berwarna mencolok, dll. Tanda-tanda yang unik dan mencolok ini dapat mempermudah untuk mengenali koper kita.

4. Jangan Terlambat

Saat terlambat kita mungkin bisa saja melewati pintu keamanan dalam waktu singkat tetapi tidak dengan koper yang harus dipastikan keamanannya dalam waktu sekitar 7 menit.

Sistem keamanan ini sangat penting supaya kita tidak kehilangan koper, jadi usahakan untuk datang lebih cepat supaya koper kita melewati sistem keamanan dengan tepat agar terhindar resiko kehilangan koper.

5. Lepaskan airline tag sebelumnya

Airline tag lama yang belum terlepas dapat menimbulkan kesalah pahaman. Airline tag yang tidak tercabut ini dapat membuat petugas memasukkan koper ke pesawat yang salah serta disisi lain juga dapat membuat petugas kebingungan untuk menurunkan koper.

6. Pilih maskapai terpercaya

Sebelum menggunakan jasa suatu maskapai lebih baik cek terlebih dahulu track record terjadinya kehilangan koper dan pilih maskapai dengan track record paling rendah. Dengan memastikan kualitas dari maskapai kalian dapat memastikan jika koper kalian diatur oleh pihak yang tepat dan terpercaya.

7. Pasang name tag pada koper

Identitas pribadi yang lengkap dapat membuat petugas lebih mudah menempatkan dan menurunkan kopermu serta memperkecil kemungkinan hilangnya komputer. Jangan lupa juga tuliskan tujuan dari perjalanan kalian sehingga koper dapat lebih mudah untuk dikenali.

8. Gunakan kunci keamanan ganda

Di dalam bagasi semua hal tidak dapat kita atur, terkadang tanpa diharapkan ada saja hal-hal buruk yang terjadi, jadi sangat dianjurkan untuk gunakan pengaman pada koper anda, seperti gembok dan nomor pin.

Tapi pastikan untuk menjaga kunci gembok dengan baik dan jangan sampai upakan nomor pin kalian! Jangan sampai karena ingin aman justru jadi ribet sendiri.

9. Ingat ciri penting barang yang ada dalam koper

Pastikan jika kamu menyusun barang di koper sendirian, supaya kamu tahu semua detail barang yang ada didalam koper kalian. Hal ini akan berguna saat koper kalian terselip, saat itu kalian akan ditanyakan mengenai kunci, nomor pin, atau detail barang di tas kalian.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved