Destinasi Wisata

Habiskan Waktumu Bersantai di Pantai Pananuareng

Untuk bisa ke sini, kamu harus menempuh perjalanan darat dari Kota Tahuna selama kurang lebih 30 menit

Editor: muhammad irham
Antara
Pantai Pananuareng 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Namanya juga kepulauan, pasti tidak akan lepas dari yang namanya pantai. Yang pertama ada Pantai Pananuareng, yang secara geografis terletak di kampung Tariang Baru, Tabukan Tengah, Kepualauan Sangihe, Sulawesi Utara. 

Untuk bisa ke sini, kamu harus menempuh perjalanan darat dari Kota Tahuna selama kurang lebih 30 menit. Pantai ini terasa sangat eksotis karena memiliki hamparan pasir putih yang sangat memanjakan mata.

Kamu akan semakin terlena dengan hembusan angin yang sepoidan alunan suara ombak yang silih berganti. Pantai Pananuareng biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal pada akhir pekan.

Pantai ini menjadi primadona bagi warga Sangihe di bidang pariwisata. Jarak pantai ini dari ibu kota kabupaten yakni 26 kilometer. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi, sewa ataupun kendaraan umum. Jalur menuju pantai ini dari Tahuna melewati Kuma (Tabukan Tengah) atau melewati daerah Petta.

Cukup jauh memang jarak yang ditempuh untuk bisa mencapai pantai ini. Namun rasa itu akan terbayar ketika melihat keindahan yang dimiliki oleh pantai ini. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang halus. Anak-anak yang datang ke pantai ini sering memanfaatkan pasir putih ini dengan membuat istana pasir.

Air laut yang berwarna biru begitu menggoda setiap wisatawan yang datang untuk segera menceburkan diri menikmati segarnya air di pantai ini. Tak jauh dari bibir pantai ada hamparan karang yang jika air laut surut dapat dinikmati secara langsung.

Meski di pantai, Anda bisa merasakan kesejukan. Ada begitu banyak pohon Bingkareng yang tumbuh berjejer. Rindangnya pohon itu membuat pengunjung menjadikan sebagai tempat berteduh. Tempat duduk dan meja yang berada di bawah pohon ini selain digunakan para pengunjung, terkadang digunakan juga oleh warga setempat untuk melakukan aktivitas perdagangan.

Pemkab Kepualauan Sangihe juga memberikan fasilitas penunjang seperti gazebo. Gazebo ini biasanya selain untuk tempat berteduh, digunakan juga sebagai sarana beribadah ketika ada rombongan gereja yang datang berlibur di Pantai Pananuareng. Tak perlu khawatir soal fasilitas MCK-nya, karena ada kamar mandi dengan bak besar yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

Pesona pantai Pananureng inilah yang menjadikannya sebagai primadona bagi warga Kabupaten Kepulauan Sangihe. Biasanya, pantai ini akan sangat ramai dikunjungi warga ketika akhir pekan atau hari libur.

"Bagi orang Sangihe pantai ini sudah sangat terkenal. Karena tempatnya memang bagus untuk dijadikan tempat berlibur," ujar Lian Sehapikang warga Kecamatan Tamako yang datang berkunjung di pantai Pananuareng.

Lian, menambahkan, pesona Pantai Pananuareng bukan hanya terkena bagi masyarakat Sangihe saja, tapi sudah dikenal hingga luar pulau ini. Buktinya saja, Lian datang bersama rombongan keluarganya yang berasal dari Manado bahkan dari Pulau Jawa.

"Mereka penasaran dengan Pantai Pananuareng ini. Apalagi Pantai ini juga sering menjadi lokasi syuting video klip beberapa grup masamper," tutur Lian.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved