Virus Corona

UPDATE Corona Sulut: Tujuh Daerah Zona Merah

Meski dua daerah ini dinyatgakan turun status, namun satu daerah lainnya yang awalnya berstatus orange, naik menjadi zona merah yakni, Kotamobagu.

Editor: muhammad irham
int
Zona merah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dua daerah di Sulawesi Utara, Bitung dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) turun status dari zona merah menjadi zona orange penyebaran virus corona. 

Meski dua daerah ini dinyatgakan turun status, namun satu daerah lainnya yang awalnya berstatus orange, naik menjadi zona merah yakni, Kotamobagu.

Dengan demikian ada tujuh daerah di Sulut yang dinyatakan masuk dalam zona merah atau zona beresiko tinggi penularan Covid-19.

 Ketujuh daerah itu yakni, Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Kota Tomohon dan Manado, dan Kotamobagu.

Kabupaten/kota sisanya, semuanya berisiko sedang dan tak ada lagi zona kuning dan hijau.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19, zona orange atau resiko sedang, tetap tidak aman untuk ditempati. Karena resiko penularan virus corona di daerah ini tetap tinggi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyoroti 28 kabupaten/kota yang skornya hampir mendekati zona merah.

“Zona merah berarti dibawah 1,81. Zona orange skornya antara 1,81 – 2,4 dan zona kuning 2,41 -3 dan zona hijau lebih dari 3,” jelasnya.

Satgas Covid-19 meminta keseriusan dari pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat untuk betul-betul menjaga kabupaten/kota ini.

Dan berupaya memperbaiki penanganan agar risiko penularannya menurun.

Jika daerah pindah ke zona merah pada minggu depan, maka penanganan Covid-19 daerah tersebut memburuk. Masyarakatnya terancam keselamatan jiwanya akibat Covid-19. (*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved