Kuliner

Mengenal Jenis-jenis Bakso yang Banyak Dijual di Pasaran

Di musim hujan seperti saat ini, makan bakso berkuah pedas, akan membuat suasana makin hangat dan menyenangkan.

Editor: muhammad irham
Int
Bakso Keju 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bakso adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Di musim hujan seperti saat ini, makan bakso berkuah pedas, akan membuat suasana makin hangat dan menyenangkan.

Di Indonesia, ada banyak jenis bakso yang diperjualbelikan oleh masyarakat. Mulai dari bakso daging sapi, bakso ayam, bakso ikan, hingga bakso tahu. 

Bakso tidak kehilangan popularitas di Indonesia walau diterpa berbagai macam isu seperti mengandung borak, dibuat dari daging tikus, dan masih banyak lagi. Bakso pada umumnya disajikan dengan kuah kaldu daging sapi, ditemani mi putih, mi kuning, penyedap rasa, bawang goreng, sampai saus sambal dan saus cabai.

Buat travelers yang mungkin belum tahu, bakso terbuat dari daging sapi yang dihaluskan kemudian ditambah bumbu dan dibentuk sehingga menjadi bola daging yang enak. Lebih nikmat lagi jika ukuran baksonya lebih besar dan dicampur dengan adonan daging cincang dan urat.

Lalu, apa saja sih macam-macam bakso yang populer di Indonesia? 

1. Bakso Sapi

Bakso Sapi
Bakso Sapi (int)

Terbuat dari daging sapi yang diolah dengan tepung terigu dan dibentuk bulat-bulat. Mayoritas bakso yang dijual di Indonesia adalah bakso sapi, dan merupakan sajian bakso paling populer.

2. Bakso Keju

Bakso Keju
Bakso Keju (int)

Belakangan ini penjual bakso berinovasi dengan membuat bakso dengan olahan bervariasi. Salah satunya keju. Ternyata, respon masyarakat cukup baik. Sensasi kejunya yang lumer di mulut ketika disantap membuat ketagihan yang mencicipinya.

3. Bakso Ayam

Seperti bakso sapi, bakso ayam pun cukup digemari. Memang, olahan jenis ini tidak begitu populer, apalagi bakso tekstur dagingnya sedikit “berantakan” walaupun masih berbentuk bulat.

4. Bakso Ikan

Bakso ini mungkin yang paling populer setelah bakso sapi. Berwarna putih dan sedikit kenyal, biasanya bakso ini terbuat dari ikan tenggiri. Ukurannya juga sedikit lebih kecil dibanding bakso sapi, namun rasanya gak kalah enak, lho.

5. Bakso Tahu

Bakso tahu biasanya memiliki dua variasi, yaitu bakso yang dimasukkan ke dalam tahu goreng/rebus, atau sajian bakso kuah dengan menu utama bakso sapi dan tahu goreng/rebus.

Kombinasi ini juga biasa ditemukan dalam bakso campur (bakso, tahu, mi kuning/putih, tauge, dll.).

6. Bakso Sarang Burung

Bakso khas Malang, Jawa Timur ini berisi sayur-sayuran yang menjadikannya menu sehat. Sajian bakso ini layaknya sup, diberi mi, wortel, dan kentang.

7. Bakso Malang

Bakso yang satu ini juga populer, dan ada yang menyebutnya bakwan Malang. Menggunakan tahu putih rebus, kerupuk pangsit, serta tanpa mi, membuat sajian bakso Malang mengandalkan kenikmatan kuahnya.

Halaman selanjutnya

8. Bakso Telur

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved