Destinasi Wisata

Sepotong Surga di Minahasa Utara Itu Bernama Likupang

konon, menurut cerita warga pada zaman dahulu, para bidadari memilih turun ke sebuah telaga di Minahasa Utara

Editor: muhammad irham
internet
Menikmati keindahan Pantai Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Likupang, di Minahasa Utara adalah sebuah kawasan wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi saat liburan. Saking indahnya, konon, menurut cerita warga pada zaman dahulu, para bidadari memilih turun ke sebuah telaga di Minahasa Utara yang kini dikenal dengan sebutan Likupang.

Cerita Legenda Tumetenden (telaga) itu bersumber dari para leluhur Tou Tonsea, etnik Minahasa Sulawesi Utara. Mengisahkan perjalanan asmara seorang petani yang tinggal di kaki Gunung Tamporok dengan satu di antara sembilan bidadari itu.

Bidadari-bidadari tersebut turun untuk mandi di telaga milik sang petani muda. Singkat cerita, petani muda bernama Mamanua itu berhasil menahan satu bidadari untuk tinggal di kaki Gunung Tamporok sebagai istrinya. Sang bidadari itu kemudian melahirkan seorang anak bernama Walangsendau.

Namun sayang, akibat sebuah kesalahan kecil yang dilakukan Mamanua, sang bidadari yang diberi nama Lumalundung itu terpaksa pulang ke kahyangan.

“Saat anakku menangis mencariku, ajak dia berjalan melintasi hutan, sungai, dan gunung, dengan mengikuti arah matahari,” begitu pesan sang bidadari kepada suaminya. Hutan, gunung, dan sungai, telah dilalui Mamanua sambil mengendong putrinya.

Namun, perjalanan nan jauh itu berujung pada bibir pantai biru berpasir putih terhampar di hadapannya. Jernihnya air laut membuat dasar karang, koral, tumbuhan laut, dan ikan-ikan terlihat jelas.

Dalam kebingungan lantaran lautnya terlalu luas, salah satu ikan datang menghampiri Mamanau. Ikan bernama Pongkor itu menawarkan tumpangan menuju ke istana bidadari. Perjalanan Mamanau menembus hutan, gunung, dan lautan pun terbayar tunai.

Kisah asmara antara Mamanua dan bidadari dari surga itu, tentu saja, hanyalah mitos atau cerita rakyat belaka. Namun penggambaran tentang keindahan telaga, gunung, bukit, sungai, pantai, dan lautan beserta isinya di Likupang itu, benar adanya.

Likupang memang pantas disebut sebagai potongan surga yang jatuh ke bumi dan baru ditemukan. Indah, molek, mempesona, namun belum banyak orang yang mengetahui di mana gerangan lokasi persisnya.

Objek wisata Likupang adalah sebuah kawasan wisata yang menawarkan kekuatan wisata bahari. Panorama bawah laut dan keindahan pantainya sungguh sangat menjanjikan untuk dinikmati.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved