Destinasi Wisata

Indahnya Lembah Harau, Lembah Terindah di Indonesia

Lembah ini diklaim mirip dengan lembah-lembah indah di Eropa seperti di Belanda dan Prancis

Editor: muhammad irham
int
Lembah Harau 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mungkin belum banyak yang mengenal Lembah Harau. Lembah ini berada di dekat Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya berkisar empat jam dari pusat Kota Padang.

Nama Lembah Harau akhir-akhir ini menjadi perbincangan. Hal ini karena foto-foto mengenai keindahan lembah ini terekspose luas di media sosial. Lembah ini diklaim mirip dengan lembah-lembah indah di Eropa seperti di Belanda dan Prancis.

Tak jauh dari Lembaha Harau, terdapat Harau Dream Park. Banyak warga net yang menyayangkan keberadaan Eropa KW di tempat yang sebenarnya sudah sangat indah tanpa embel-embel apapun. Harau Dream Park hanya berdiri di salah satu sudut Lembah Harau saja, bukan seluruh kawasannya.

Lembah Terindah di Indonesia

Lembah Harau Payakumbuh disebut sebagai lembah terindah di Indonesia. Lanskap alamnya berupa persawahan dan pedesaan dengan luas mencapai 669 Ha dan diapit oleh dua bukit batu granit menjulang setinggi 300 meter. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa pemandangan alam Lembah Harau mirip dengan Taman Nasional Yosemite di California, Amerika Serikat.

Masyarakat setempat percaya, nama Harau pada lembah ini berasal dari kata Parau yang bermakna serak yang mengaca pada tragedi banjir atau longsor yang sering melanda kawasan ini hingga menimbulkan teriakan kepanikan.

Lembah Harau masuk dalam kawasan lindung di Cagar Alam Harau. Dihuni spesies Monyet Ekor Panjang dan hewan endemik lainnya.

Pemerintah telah berupaya untuk mendaftarkan Lembah Harau sebagai Geopark Nasional di tahun ini. Terbagi atas tiga area, semunya memiliki nuansa objek wisata yang berbeda.

Tiga area tersebut meliputi Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. Wisata panjat tebing dan air terjun menjadi suguhan utama yang akan selalu diminati.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved