Traveling

Solo Traveling di Tempat Jauh, Jangan Lupa Tips Berikut Ini

Beberapa alasan diantaranya adalah takut tersasar, takut kesepian dan tidak merasa aman

Editor: muhammad irham
Tribunnews.com
Ilustrasi solo travelling 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mungkin belum banyak orang yang suka pergi traveling sendirian atau menjadi solo traveler. Beberapa alasan diantaranya adalah takut tersasar, takut kesepian dan tidak merasa aman. Tapi sebagian orang berpendapat menjadi solo traveler itu sangat menyenangkan.

Selain bebas menentukan tempat tujuan, kamu juga bisa belajar lebih mandiri, melatih kemampuan beradaptasi dan tentunya besar kemungkinan kamu akan mendapat kenalan baru, karena menjadi solo traveler akan membuat kamu lebih banyak berinteraksi dengan orang asing.

Tidak ada salahnya untuk kamu mencoba sesuatu yang baru seperti solo traveling.  Apa saja? Yuk simak!

Melakukan Riset

Sebelum melakukan solo traveling, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang negara atau daerah yang akan dikunjungi. Setelah memutuskan mau pergi kemana, cari tau harga tiket menuju ke tempat tersebut, akomodasi, tiket tempat wisata, budaya sampai jam operasional transportasi umum di sana.

Ada baiknya menelusuri blog-blog traveler untuk menemukan acuan yang lebih muda. Kamu juga bisa mengikuti forum yang relevan, misalnya forum backpacker dan jangan ragu untuk bertanya kepada orang-orang yang telah berpengalaman.

Budgeting dan Itinerary

Karena kamu akan berpergian sendiri, ada baiknya untuk membuat sebuah anggaran dan rencana perjalanan yang matang. Dalam perencanaan tersebut, pastikan kamu sudah membuat secara detail rencana perjalanan dari awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan.

Buat juga rincian mau naik apa untuk pindah dari destinasi wisata yang satu ke lainnya atau berapa uang yang harus disisihkan untuk makan. Namun, namanya panduan, tentu tidak wajib kamu jalani seratus persen.

Seru juga kan kalau kamu menemukan hal baru yang tidak terduga selama di jalan, atau diajak masyarakat lokal berkunjung ke rumahnya? Tapi setidaknya, jika sudah punya panduan mau ke mana hari ini, kamu akan selalu memiliki pilihan mau melangkahkan kaki ke mana seltelah destinasi wisata habis kamu jelajahi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved