Tata Surya

3 Planet Akan Terlihat Jelas di Langit, Momennya Bisa Dilihat Pekan Ini

Kini, planet-planet yang bergerak lambat ini akan segera memudar dari pandangan kita karena kecepatan Bumi mengelilingi matahari.

Editor: muhammad irham
tribunnews
Tiga planet terlihat dengan jelas di atas langit 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apakah kamu telah melihat 'Christmas star'? Kembali ke 21 Desember 2020 lalu, dua planet terbesar di tata surya kita, Yupiter dan Saturnus tampak begitu dekat sehingga mereka bersinar dan terlihat hampir menjadi satu.

Melansir laman Travel + Leisure, Jumat (8/1/2020), fenomena yang luar biasa tersebut terjadi setiap 20 tahun, diikenal dengan julukan 'Christmas star' atau bintang Natal.

Kini, planet-planet yang bergerak lambat ini akan segera memudar dari pandangan kita karena kecepatan Bumi mengelilingi matahari.

Namun sebelum tertutup oleh cahaya matahari, mereka akan bergabung di langit dengan planet terkecil di tata surya, yakni Merkurius.

Planet-planet yang berdekatan ini akan menyusun formasi konjungsi rangkap tiga (triple conjunction) yang singkat namun spektakuler.

Apa itu konjungsi rangkap tiga?

Konjungsi terjadi ketika dua atau lebih planet sejajar di langit malam seperti yang terlihat dari Bumi.

Ini semua tentang garis pandang, karena Jupiter, Saturnus, dan Merkurius masing-masing membutuhkan waktu yang sangat berbeda untuk mengorbit matahari.

Saturnus yang jauh membutuhkan waktu 29 tahun, Jupiter 12 tahun, dan Merkurius yang kecil hanya membutuhkan 88 hari.

Karena Merkurius adalah planet tredekat dari matahari dan kita berada di planet ketiga, itu adalah planet bagian dalam bagi kita.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved