Destinasi Wisata

Pulau Siladen, Tak Kalah Indahnya dari Bunaken

Sulawesi Utara kaya dengan objek wisata bahari. Keindahan pulau-pulau dan pantai di Sulawesi Utara, bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. 

Editor: muhammad irham
Katalogwisata.com
Keindahan Pulau Siladen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sulawesi Utara kaya dengan objek wisata bahari. Keindahan pulau-pulau dan pantai di Sulawesi Utara, bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. 

Salah satu objek wisata yang sangat cocok didatangi adalah, Pulau Siladen. Pulau ini berbeda dengan Pulau Bunaken. Jika Pulau Bunaken terkenal dengan keindahan bawah lautnya, maka Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainya.

Pulau Siladen memang memiliki suasana pantai yang tenang dengan pemandangan alam cantik. Bayangkan saja pulau ini seluruhnya dikelilingi pantai berpasir putih, dengan aneka tumbuhan tropis seperti palem, sagu, serta kelapa.

Di pulau seluas 31,25 hektare ini, wisatawan bisa menikmati taman laut dengan menggunakan perahu berkaca (katamaran), snorkeling, diving, photography underwater (foto bawah laut) serta berjemur di pantai. Ombak di Siladen tidak terlalu besar.

Dijamin sangat aman bagi wisatawan untuk berenang. Alam bawah laut Pulau Siladen sangat menakjubkan. Lengkap  dengan aneka terumbu karang dan beragam biota laut. Ada dua lokasi menyelam paling potensial yaitu Siladen dan Siladen Utara, dengan kedalaman sekitar 20-50 meter.

Bosan di air? Ada aktivitas mengelilingi pulau yang tak kalah kerennya. Wisatawan bisa menyaksikan beberapa jenis satwa seperti kera hitam, rusa, dan kuskus. Ada juga burung camar yang kicauannya tak pernah putus.

Dengan segala eksotis petualangan di air dan di darat itu, tak salah bila wisatawan  menyebut Pulau Siladen sebagai ‘Surga yang Tak Terlupakan”. 

Yang membuat pulau ini menjadi lebih indah dan cocok untuk Anda jadikan destinasi wisata adalah pulau Siladen ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat cantik dan mengelilingi hampir seluruh pulau.

Tak hanya itu saja, di sepanjang bibir pantai dari pulau satu ini pun juga dikelilingi oleh beragam pepohonan yang akan menambah nuansa sejuk ketika Anda mengunjungi tempat satu ini.

Pulau ini pun juga terletak tidak jauh dari pulau Manado Tua yang juga merupakan salah satu pulau terbaik yang bisa untuk Anda jadikan tempat wisata ketika berlibut. Keindahan dari pulau ini pun didukug dengan laut yang memiliki air yang jernih.

Sehingga nantinya Anda bisa melihat banyaknya terumbu karang dan juga berbagai biota laut yang terdiri dari berbagai macam bentuk dan warna sehingga nantinya akan terlihat taman laut yang sangat cantik.

Ketika Anda memutuskan ingin berkunjung ke pulau Siladen ini, maka Anda pun dapat memiliki mode tranportasi laut yakni perahu. Untuk Anda yang ingin mengunjungi pulau satu ini dengan menggunakan perahu, maka terdapat beberapa waktu yang bisa untuk Anda tempuh. Diantaranya adalah pukul 1 siang hingga pukul 3 sore, hal ini pun juga tergantung dari pasang surut air laut dan nantinya Anda pun akan bisa untuk kembali ke Manado keesokan harinya.

Hal ini dikarenakan perahu ini hanya akan kembali ke Manado pada hari esok pagi yakni sekitar pukul 7 di pagi hari. Untuk biaya yang dibutuhkan ketika pergi ke Pulau Siladen dengan menggunakan perahu ini, maka Anda pun nantinya akan merogoh kocek sekitar 25 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah tiap satu orang.

Selain dengan menggunakan perahu transportasi umum, Anda pun juga bisa mengunjungi pulau satu ini dengan menggunakna perahu speed boat yang sebelumnya bisa Anda sewa. Nah, jika Anda menggunakan peruahu ini untuk berangkat ke pulau Siladen, maka Anda pun nantinya akan bisa berangkat kapan saja tak perlu menentukan batasan waktu seperti perahu transportasi umum.

Hal ini dikarenakan Anda bisa pulang – pergi ke Manado dengan sesuka hati jika menggunakan perahu speed boat ini. Untuk harga sewa perahu ini pun cukup menguras kantong anda, yakni berkisar antara 350 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah untuk sekali jalan. Atau Anda juga bisa menyewa peruhi speed boat ini selama seharian untuk pulang pergi di jari yang sama yakni seberar 750 ribu rupiah hingga 900 ribu rupiah. Harga ini tergantung negosiasi Anda dengan pengemudinya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved