Penerbangan

Bolehkah Pilot Tidur Saat Menerbangkan Pesawat? Ini Penjelasannya

Berbeda dengan penumpang yang bisa tidur nyenyak di kursi penumpang, rupanya pilot memiliki aturan khusus yang mengatur jam tidur mereka.

Editor: muhammad irham
int
Ilustrasi pilot pesawat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apa yang terjadi jika seorang pilot ketiduran selama penerbangan? Atau apakah pilot bisa tidur selama penerbangan? Tentu, menjadi satu hal yang tak bisa dibayangkan.

Rasa kantuk akibat kelelahan menjadi hal lumrah yang sering terjadi.

Berbeda dengan penumpang yang bisa tidur nyenyak di kursi penumpang, rupanya pilot memiliki aturan khusus yang mengatur jam tidur mereka.

Ini berarti, pilot tak boleh sembarangan tidur dan mengantuk selama penerbangan.

Lantas, apakah berbahaya jika seorang pilot mengantuk selama penerbangan?

Dilansir dari laman Reader's Digest, sebuah survei yang dilakukan National Sleep Foundation mengungkapkan kebiasaan tidur berisiko bagi para profesional transportasi.

Sebanyak lebih dari 24 kecelakaan dan lebih dari 250 kematian dikaitkan dengan kelelahan pilot dalam 20 tahun terakhir, menurut Badan Keselamatan Transportasi Nasional.

Terbaru, ABC News menunjukkan pilot dan mantan pilot bahkan tertidur di tengah penerbangan.
Survei National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa pilot yang kelelahan, sopir bus dan operator kereta api tidak bisa tidur nyenyak.

Lebih dari separuh pilot dan operator kereta mengatakan bahwa mereka jarang atau tidak pernah mendapatkan istirahat malam yang nyenyak dan kurang tidur ini dapat menyebabkan masalah keamanan yang mengkhawatirkan.

Sebanyak 20 persen pilot, 18 persen operator kereta api dan 14 persen pengemudi truk yang disurvei mengatakan bahwa mereka hampir celaka dalam pekerjaan karena kantuk.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved