Sulawesi Utara

Berkenalan dengan Pantai Batu Pinagut, Primadona Pariwisata Bolaang Mongondow Utara

Selain disajikan pemandangan indah, pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Bolmut di Pantai Batu Pinagut.

Editor: Isvara Savitri
TRIBUNMANADO.CO.ID/MEJER LUMANTOW
Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADOTRAVEL, BOLAANG MONGONDOW UTARA - Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara dikenal memiliki keindahan panorama pesisir pantai.

Pemandangannya yang eksotis dan menawan tak heran menjadikan Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut ini menjadi primadona di Kabupaten Bolmut.

Meski pandemi virus corona (Covid-19) masih berlangsung, objek wisata ini tetap ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun dari daerah lain.

Untuk mengantisipasi keramaian, pemerintah daerah (Pemda) menerapkan protokol kesehatan ketat bagi para pengunjung.

Pengunjung yang masuk diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.


Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Tribun Manado/Mejer Lumantow)

Memasuki objek wisata ini pengunjung hanya membayar karcis masuk Rp 2 ribu untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk biaya parkir, kendaraan roda dua harus membayar Rp 2 ribu dan roda empat Rp 3 ribu serta kendaraan Bus dan sejenisnya Rp 5 ribu.

Di sini, pengunjung dapat menikmati hamparan pasir putih dan pepohonan yang rindang di sepanjang pesisir pantai, diiringi suara ombak yang tenang dan bebatuannya yang unik, menyuguhkan pesona alam yang begitu indah.

Bukan hanya itu, pengunjung yang datang tak perlu khawatir jika tak sempat membawa bekal makanan dari rumah.

Apalagi untuk menikmati kopi di pinggir pantai.

Baca juga: Kembangkan Pariwisata Bukit Bambean dan Air Terjun Molimpungan, Disbudpar Kotamobagu Lakukan Ini

Baca juga: Lion Air Adakan Layanan Rapid Test Antigen Covid-19 Bagi Penumpang Penerbangan Domestik

Pengunjung akan disugguhkan berbagai kuliner khas Bolaang Mongondow Utara yang tersaji di area wisata ditambah pelayanan yang ramah, tentu akan semakin berkesan menikmati perjalanan wisata anda di Kabupaten Bolmut ini.

Kawasan wisata ini juga oleh masyarakat Bolmut menjadi tempat untuk berolahraga, seperti bersepeda, jogging, dan jalan sehat.

Ada juga fasilitas Kids Play Ground untuk anak-anak, gym untuk orang dewasa, hingga banana boat untuk berselancar di pinggiran laut pantai.

Di sore hari, sesekali tampak para nelayan setempat memarkirkan perahu mereka dengan berjejer di pinggir pantai, seolah menambah pemandangan keindahan pantai tersebut.

Semuanya komplit untuk memanjakan pengunjung di kawasan wisata ini.


Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (TRIBUNMANADO/MEJER LUMANTOW)

Selain menghadirkan fasilitas umum serta pemandangan laut yang eksotis dan memanjakan mata, Wisata Pantai Batu Pinagut ini juga menyimpan kisah sejarah mitologi tersendiri oleh masyarakat setempat.

Dari informasi, nama Batu Pinagut ini diambil dari bahasa daerah Kaidipang yaitu 'Botu Pinaguto' yang berarti batu yang dicabut.

Menurut penuturan warga, nama tersebut berasal dari peristiwa ketika penjajah Belanda yang tertarik dengan batu cantik di pantai tersebut tidak berhasil mencabut batu yang diinginkan untuk dibawa pulang.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved